Keasyikan Bermain Skyrim

Sumber Gambar http://elderscrolls.wikia.com/wiki/The_Elder_Scrolls_V:_Skyrim

Siapa di antara kalian yang ngaku pecinta game Open World tapi tidak tahu game Skyrim? Nggak tahu? Santai saja, lagian juga itu juga selera orangkan? hehe *maaf nggak jelas, otak masih ngeblank*.

Oke oke, mulai serius, jadi gini. Untuk pengenalan, akan saya gunakan kalimat yang ringkas saja ya. Game Skyrim adalah game yang awalnya populer di console ps3, tapi sekarang sudah bisa dimainkan di PC dan Ps4. game ini menggunakan unsur RPG Open World, dan ini genre favorit saya. Nah, di awal game kalian akan disuruh untuk memilih ras dan gender, untuk ras saya masih kurang faham, hanya saja ras disini menentukan kemampuan kalian dalam bertarung, seperti apakah kalian ingin menjadi Fighter atupun mage ataupun yang lain. Dan untuk ceritanya sendiri saya kurang faham, hehe, intinya sih kalian terpilih sebagai pembasmi naga atau apalah itu. Baiklah itulah gambaran singkatnya*Singkat apanya? -_-*. mari bahas keseruan Skyrim.

Dunia Yang Super Luas
Sumber Gambar https://henchman4hire.com/2011/12/19/the-skyrim-dragonborn-rap/
Percaya nggak percaya, dan semoga saja kalian percaya, dunia di game Skyrim ini luasnya minta ampun, ada gunung, ada lembah, ada gunung salju, ada hutan, ada gunung hutan salju berlembah*eh apaan sih?*. Jadi, map dalam skyrim ini memang sangat luas, dan mungkin jika kalian ingin menjelajahinyan satu persatu bisa memakan waktu berhari hari. Tapi tenang saja, bagi kalian yang sudah singgah di suatu tempat/wilayah, tempat tersebut akan otomatis bisa kalian datangi dengan fitur Fast Travel jadi kalian tidak perlu menyebrangi sungai, hutan dan gunung, tinggal buka map, pilih tempat yang pernah kalian singgahi lalu gunakan fitur di atas.
Pengalaman saya menjelajah dunia Skyrim tidak hanya sebatas gunung hutan dll, tapi juga ada gua dan lorong lorong yang tidak tampak di dalam map, dan biasanya di dalam gua akan ditemukan gua lain juga, jadi gua di dalam gua, hehe.
Tapi meskipun begitu saya menemui beberapa kekurangan yang menurunkan minat saya, meskipun terdapat banyak sekali daratan yang dapat diakses, tapi bagian laut ataupun sungai sangatlah sedikit yang memberi kesan ‘wah’ layaknya di daratan. Kalaupun kalian ingin menyebrang ke suatu pulau kalian diharuskan menggunakan kapal, dan fitur kapal ini mirip dengan fast travel jadi tidak ada adegan kalian di tengah laut dikroyok monster ataupun lainnya.

Musuh Yang Bisa Datang Kapan Saja Dan Dimana Saja
Sumber Gambar https://kotaku.com/some-skyrim-special-edition-improvements-you-might-hav-1788380348
Keasyikan Skyrim yang kedua adalah musuh yang bisa datang kapan saja dan dimana saja, anggap saja musuh sang tokoh utama, yaitu naga. Kalau kalian perhatikan naga dalam game skyrim ini mirip dengan jalangkung, datang tak diundang pulang tak diantar, jadi saat kalian sudah menyelesaikan misi di luar kota, terkadang sering sekali ada naga yang tiba tiba terbang di atas kalian, noh nggak diundang tiba tiba datangkan? Tapi tenang saja, game Skyrim menganut sistem penyesuian leve l*saya kurang tahu bahasa gamernya apa* jadi, musuh disini menyesuaikan level kalian, semakin tinggi level kalian maka musuh juga akan semakin kuat, jadi jika level kalian masih rendah jangan pemisis, hajar saja, bahkan naga di game ini bisa kalian kalahkan seorang diri tanpa bantuan partner ataupun lainnya.
Selain itu ada juga begal, pemalak jalanan dan bandit gunung. Jadi saat kalian ingin bertamasya ria ke suatu tempat, akan ada momen dimana kalian disuruh untuk membayar ongkos lewat, disini kalian punya 3 pilihan, membayar, tidak membayar yang artinya tidak jadi bertamasya, dan terakhir melawan pemalak tersebut, kalau saya sih sebagai orang dermawan biasanya memberikan uang kepada mereka, hehe. Jadilah orang yang dermawan dengan memberi orang yang membutuhkan *apa ini?*
Oh ya, musuh di game Skyrim tidak hanya Naga dan Manusia lo, tapi juga hewan dan makhluk aneh lainnya, seperti singa, macan, serigala, singa laut, serius singa laut? IYA, jika kalian pergi ke daerah bersalju, cobalah untuk ke tempat yang dekat dengan air maka kalian akan menemukannya. Dan apa itu makhluk aneh? Coba saja kalian keliling ke lembah lembah, kalian akan tahu sendiri :v

Keputusan Menentukan Jalan Cerita
Sumber Gambar https://www.nexusmods.com/skyrim/mods/51469/?
Nah ini dia yang paling menarik dari Skyrim, yaitu dimana kalian bisa menentukan jalannya cerita, disini kalian memiliki banyak sekali pilihan yang bisa kalian pilih, dan pilihan itu menentukan nasib sang tokoh utama.
Dari pengalaman yang saya dapat dari bermain Skyrim, kita harus pintar pintar memilih pilihan, karena setiap pilihan akan membuat atau menambah alur cerita yang berbeda, jadi jika kalian masih awam dalam berbahasa inggris yang tahunya cuma save load save load tebas sana sini seperti saya *ehm lupakan* maka alangkah baiknya kalian berpusat pada cerita utama saja. Tapi jika kalian ingin merasakan tantangan yang lebih, kalian bisa mengikuti misi sampingan untuk menjelajahi betapa luasnya dunia Skyrim.
Ada 1 hal lagi nih, jika pada umumnya pada game RPG kalian tidak bisa melakukan apa apa pada NPC, maka kalian harus hati hati saat memegang senjata atau dalam mode bertarung jika berada di sekitar NPC, kenapa? Karena jika kalian salah pencet, bisa bisa kalian melukai NPC tersebut atau bahkan membunuhnya. Yang bener? Yap, game ini memberikan kebebasan akses kepada kalian untuk Menyerang ataupun Membunuh SIAPAPUN tanpa terkecuali. Seandainya kalian tidak sengaja membunuh NPC kalian akan mendapat harga buronan, dan siap siap menjadi buron dengan berbagai bandit yang akan menyerang kalian di mana saja. Untungnya dalam game ini kalian bisa menebus harga kalian, tapi jika tidak, kalian akan dimasukkan ke dalam penjara, santai saja kalian masih bisa menyogok penjaga untuk membebaskan kalian kok.

Sekian dulu Review dari saya, eiits masih ada lanjutannya lo, hanya saja terlalu banyak jika saya tulis, jadi saya akan mempostingnya lagi kapan kapan. Terimakasih. 

You may like these posts

Post a Comment