Review Part 2 Harvest Moon Light Of Hode, Semua Butuh Proses Dan Usaha

Rasanya baru kemarin saya mereview Harvest Moon Light of Hope*Emang kemarin kan? Hehe*, dan pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan review saya yang kemarin.
Seperti judulnya, semua dalam Harvest Moon ini butuh proses. Bila kemarin saya memberi tahu kalau batu hasil tambang tidak bisa langsung dipakai, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tuntas soal batu tambangnya. Selain itu saya juga akan membahas hal yang lain yang intinya butuh proses.

Pertama kita mulai dari batu tambang, nah bagaimana caranya membuat batu tambang bisa kita gunakan untuk memperbaiki rumah, alat pertanian dsb. Awalnya saya memang bingung, tapi akhirnya saya menemukan pencerahan*ciee*, yang harus kalian lakukan hanyalah pergi ke rumah pandai besi yang ada di dekat gunung, lalu pilih menu ‘buy’ setelah itu geser pilihan ke kanan/kiri, nah disitu terlihat macam macam batu tambang yang siap digunakan, tapi setelah kamu klik ternyata itu tidak bisa langsung kamu beli, melainkan kamu harus punya batu tambang yang masih mentah dahulu, setelah itu tukang pandai besi akan membuat batu tambang mentahmu bisa kamu gunakan. Selain itu, ada syarat jumlah yang diajukan untuk membuat satu batu tambang, misal iron ore, kamu harus punya iron ore mentah yang berjumlah 3 bijih untuk membuat iron ore. Agak merepotkan memang, tapi menurut saya ini adalah hal yang menarik dan terkesan realistis.

Lalu yang ke dua, kita berpindah ke tanaman, apa yang mau saya bahas? Yang akan saya bahas adalah jangka waktu mati tanaman bisa tidak disiram. Bila kamu punya tanaman dan dalam jangka waktu 2-3 hari tidak kamu siram, tanaman itu akan secara otomatis menjadi rumput liar, tapi ada hal yang menarik dari kurun waktu 2-3 hari itu. Bila ada tanamanmu yang besoknya siap panen, dan pada hari itu kamu tidak menyiramnya, maka besok tanaman tersebut tetap akan menghasilkan buah/sayuran yang siap panen, menarik bukan?

Ke tiga, jika kamu berpikir menanam Weed/rumput dapat menyelesaikan permasalahan pakan ternakmu, hilangkan image itu, karena apa? Meskipun kamu menanam weed, dan berhasil memanennya, weed itu tidak akan bisa kamu gunakan sebagai pakan ternak, karena pakan ternak yang biasanya ada di game Harvest Moon, yaitu fodder, hanya bisa didapat dari jagung yang digiling di wildmill. Lalu apa gunanya weed? Weed bisa kamu gunakan untuk membuat tepung ataupun lainnya, tergantung apa yang ada di wildmill.
Pohon Kecil Yang Ada di sana akan terus tumbuh jika tidak ditebang 

Ke empat, Memancing, memancing adalah perkara yang mudah, tapi mendapatkan pancing adalah perkara yang butuh proses dan usaha, karena kamu harus memperbaiki salah satu rumah warga yang dicap sebagai pemancing ikan yang handal, siapa dia? Cari tahu sendiri :p . setelah mendapat pancing, bukan berarti kamu bisa langsung menggunakannya, silahkan saja gunakan, tapi mendapat ikan adalah hal yang sangat sulit. Lalu bagaimana cara agar cepat mendapat ikan? Kamu harus beli umpan di pedagang keliling(saya lupa namanya), setelah itu kamu baru bisa memancing. Pastikan untuk memperhatikan kolam/sungai tempatmu memancing sesaat setelah kamu melemparkan kailmu, akan ada saatnya tidak terlihat ikan sama sekali, maka kamu harus menarik kail pancingmu, karena kamu tunggu berjam jampun kamu tetap tidak akan mendapat ikan, beda lagi jika setelah kamu melempar kailmu, langsung terdapat banyak ikan, bisa dipastikan kamu akan mendapatkan ikan*Gambar di bawah akan menjelaskan detailnya*. ada tambahan dari saya, bagi kalian yang ingin cepat kaya, tidak perlu menanam banyak tanaman, sering seringlah memancing di gunung, kalian bisa melihat perbandingan harga tanaman yang kalian tanam dengan hasil memancing kalian di foto di bawah.
Kemungkinan Mendapat Ikan

Jangan Harap Dapat Ikan

Harga Sayuran dan Buah

Harga Ikan, cukup fantastis menurut saya


Ke lima, Memasak, ada suka dan duka dalam hal memasak yang perlu kalian ketahui, sukanya adalah kalian bisa mendapatkan lebih banyak energi dari hasil masakan kalian ketimbang memakan makanan liar ataupun buah buahan, lalu kalian juga bisa membeli resep di restoran jika kalian ingin membuat masakan baru. Dan dukanya adalah, memasak disini mirip seperti membuat fodder, kamu perlu bahan tambahan untuk memuat menu masakan, kamu bisa mendapatkan bahan tambahan dengan beli di restoran. Scene memasak disini juga tidak diperlihatkan, dan menurut saya ini adalah hal yang sangat mengecewakan. Tambahan, tanpa resep, kalian tidak akan bisa membuat apa apa.
Ke enam, Beternak, saya yakin pada bagian ini ada satu hal yang mungkin tidak ada di beberapa seri Harvest Moon sebelumnya, apa itu? Hewan ternak kalian disini bisa punya pupuk kompos dalam bentuk mentah. Pupuk kompos? Yaaah pasti kalian tahulah apa itu pupuk kompos itu apa, hanya saja kali ini pupuknya masih dalam bentuk mentah, jadi perlu kalian proses terlebih dahulu agar bisa menjadi pupuk yang siap pakai. Unik bukan? Jadi sering seringlah membersihkan pupuk kompos hasil ternak kalian agar tidak menganggu hewan ternak kalian.
Kalian Bisa Membeli Resep di Restoran


Selain ke lima hal di atas, ada hal lain yang menurut saya menurunkan rasa feel dari game Harvest Moon ini. Jika biasanya kita melihat para warga berjalan jalan di tengah kota ataupun gunung, tapi pada Harvest Moon ini tidak ada hal seperti itu, meskipun para warga terlihat berjalan jalan di sekitar tempat mereka berada, tapi tidak terlihat para warga berjalan jalan di keseluruhan kota/gunung. Dan anehnya secara tiba tiba para warga bisa berada di seuatu tempat dengan sangat cepat. WAW! Positif thinking saja, mungkin para warga memiliki kekuatan teleport secara cepat.

Yak kali ini, baru itu yang bisa saya tulis, selanjutnya saya akan terus menambah informasi baru soal Harvest Moon Light Of Hope. Sekian dan terimakasih. 

You may like these posts

Post a Comment