Review Townsmen Versi Terbaru, Lebih Memikat dan Realistis

Sudah lama sekali sejak saya memposting game Townsmen, dan sejak itu pula saya mulai memainkannya kembali dengan versi yang terbaru, yang menurut saya sudah lebih sempurna dari versi sebelumnya, tanpa perlu banyak basa basi, mari simak ulasan saya.

A. Bertambahnya Skenario dan Map Baru
Apa artinya pembaruan tanpa adanya sesuatu yang baru? Nah, dalam versinya yang terbaru yakni 1.12.0, menambah lagi skenario dan map untuk mengasah skill kita membangun kerajaan yang makmur dan disukai rakyatnya. Berikut ssnya.



B. Perubahan Grafik Yang Lebih Halus
Entah ini perasaan saya atau apa, saya merasa kalau versi terbaru memiliki grafik yang lebih halus ketimbang yang sebelumnya, itu bisa terasa jika kalian men-zoom tampilan saat bermain. meskipun masih agak pecah jika dizoom secara maksimal.


C. Bangunan dan Dekorasi Yang Bertambah Banyak
Merasa bosan dengan bangunan yang itu itu saja? Townsmen menawarkan beberapa bangunan dan dekorasi yang baru. Seperti bangunan untuk kebutuhan, bangunan untuk hiburan dsb. Selain itu, sekarang setiap bangunan juga digolongkan sesuai dengan jenisnya seperti yang saya tulis di atas, jadi tidak perlu bingung mencari saat akan membangun bangunan baru. Salah satu bangunan yang menarik perhatian saya adalah area festival, dimana setiap musim akan diakan festival untuk meningkatkan kebahagiaan penduduk di kerajaan kalian, tentu saja festival yang diadakan berbeda setiap musimnya.
Untuk dekorasi juga ada beberapa tambahan yang bisa membuat kalian betah memandang kerajaan kalian, TAPI, perlu saya garis bawahi bahwa ada beberapa dekorasi baru yang mengharuskan kalian menggunakan pastiage saat membelinya.




D. Efek Cuaca dan Musim Yang Lebih Realistis
Jika sebelumnya perubahan yang terasa hanya saat musim dingin dimana salju akan memenuhi seluruh kerajaan dan membuat sawah maupun tanaman lainnya tidak bisa digunakan, maka versi terbaru menawarkan hal yang berbeda. Setiap musim akan memiliki pengaruh yang berbeda beda, kalian bisa melihatnya di menu seperti gambar di bawah.
Selain itu, cuaca juga dapat berpengaruh besar terhadap kondisi bangunan di kerajaan kalian, ini merupakan fitur yang menarik, dimana jika terjadi sebuah badai petir, bisa saja beberapa bangunan kalian terkena kebakaran karena tersambar petir. Menarik bukan? Tidak hanya badai petir, cuaca cerah, hujan, mendung, badai salju juga akan menghiasi di setiap permainan kalian.



Ini saat cuaca berkabut, jadi agak blur gitu, hehe


Festival yang diadakan setiap musim berbeda

Sekarang musim gugur terlihat lebih bagus dari sebelumnya





Tetap waspada kebakaran, hehe

Untuk sementara itu yang bisa saya review, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ditulis di kolom komentar. Sekian dan Terimakasih.

You may like these posts

5 comments

  1. Unknown
    Terima kasih, tulisannya sangat membantu.. Boleh nanya, gmna urutan bangunan yg harus kita bangun biar kerajaan kita bisa berkembang? Hehee
    • Lucky Arif Rahman Hakim(Lyriraki)
      Untuk awal ya?
      kalau mulai dari 0 sih, saya sarankan membangun sumber daya manusia dulu, tapi jangan berlebih dan juga turunkan pajak seminimal mungkin, lalu kebutuhan makanan(saya sarankan pemancingan dan pemburu), lalu bangun pasara agar setiap menitnya(saya lupa tepatnya berapa) kalian bisa mendapatkan uang lebih dari menjual sumber daya yang kamu miliki. setelah itu bangun peternakan kambing, penyulam dan penjahit, jadi kebutuhan kebahagiaan bisa terpenuhi. setelah itu sesuai selera kamu mau dibangun apa lagi.
      terimakasih sudah mampir :-D
    • Lucky Arif Rahman Hakim(Lyriraki)
      koreksi, maksud saya Pasar
  2. anymous
    Saya mau minta saran map yg cocok apayh???
    • Lucky Arif Rahman Hakim(Lyriraki)
      Yang sesuai sama kamu aja, kalau mau bikin kota yang gede, ya harus map gede, jadi biar bisa meratakan pembangunan dengan baik.
      kalau soal kondisi map, saya lebih suka yang banyak sungainya, suka aja, lihat banyak orang yang mondar mandir lewat jembatan, hehe